Penjelasan Perkembangan Bayi 0-1 Tahun

Posted on: November 22nd, 2011 by admin 1 Comment

Si kecil berkembang begitu pesat, begitu menyenangkan melihat perkembangan buah hati dari hari ke hari ada saja hal baru yang dilakukannya.

Saat anak Anda bertambah pintar tentu Anda akan merasa sangat bahagia, apa lagi saat Anda mendengar kalimat pertama yang ia ucapkan memanggil “mama” atau “papa”. Seorang anak akan sulit berkembang jika Anda dan pasangan tidak memberikan kepercayaan kepada dia. Kepercayaan di sini diartikan sebagai berilah kepercayaan kepada anak Anda untuk bisa melakukan sesuatu dengan usahanya sendiri. Anak akan bisa merasakan apakah orang tuanya mendukung dirinya untuk mencoba sesuatu yang baru atau tidak.

Perkembangan bayi mencakup beberapa hal diantaranya adalah perseptual, motorik, kognitif, dan juga keterampilan sosial. Anda sebagai orang tua harus selalu mengawasi setiap perkembangan anak Anda, jika ada tahapan perkembangan anak yang tidak tercapai maka perlu diwaspadai. Jika Anda merasa perkembangan anak Anda memang terlalu lambat, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Berikut adalah perkembangan anak secara umum, namun setiap anak pasti memiliki kemampuan untuk berkembang yang berbeda-beda.

  • 0-1 bulan
    Diusia ini anak sudah mulai bisa menggenggam sesuatu apa pun yang menyentuh telapak tangannya. Indera penglihatan mulai berkembang dan sudah memasuki tingkat interaksi sosial. Ia sudah bisa menatap wajah ibunya dan membesarkan matanya. Bayi juga sudah bisa mendengar bunyi disekitarnya, Anda bisa membunyikan mainan untuk merangsang gerak mata bayi. Bayi akan melihat ke segala arah untuk mencari bunyi tersebut. Bayi akan lebih sering terjaga dan juga pola tidur, bangun, makan yang tidak menentu. Pada usia ini bayi sangat menyukai sentuhan dengan kulit, digendong langsung dengan tangan, mendengar suara ibu, dan melakukan kontak mata.
  • 2-3 bulan
    Bila Anda mengajak bayi jalan-jalan keluar rumah, bayi sudah bisa mengedipkan dan menggerak-gerakkan mata. Jika ditidurkan tengkurap ia akan berusaha mengangkat kepalanya. Jika ia berhasil mengangkat kepalanya, dekatkan kepala Anda ke wajahnya berikan stimulus untuk melatih responnya terhadap Anda. Bisa juga meletakkan mainan di depannya untuk merangsangnya melakukan gerakan maju dan mengambil mainan itu. Letakkan mainan yang ringan dan tidak berbahaya.
  • 4-5 bulan
    Bayi mulai bisa mengenal ibunya, sering-seringlah luangkan waktu untuk bermain dengannya karena hal ini bisa meningkatkan ikatan batin antara Anda dan bayi. Bayi sudah bisa tengkurap dengan usahanya sendiri, tertawa lepas, memasukkan tangan dan segala yang disentuhnya ke dalam mulut. Anda perlu mengawasinya agar tidak ada benda berbahaya yang tertelan olehnya. Cobalah untuk memanggil namanya dari jarak yang tidak terlalu jauh karena bayi sudah bisa mengenali dan membedakan suara.
  • 6-7 bulan
    Bayi sudah berusaha duduk tanpa bantuan Anda dan bermain dengan mainannya sendiri, cobalah berinteraksi bermain bersamanya ia pasti akan bereaksi jika Anda merebut mainannya. Ia mungkin akan sering menggigit sesuatu karena merasa gatal di bagian gusi disebabkan gigi yang akan tumbuh.
  • 8-9 bulan
    Bayi mulai belajar merangkak, cobalah untuk memanggilnya dari jarak tertentu dan pancinglah dengan mainan yang disukainya agar ia mau merangkak ke arah Anda. Bahkan beberapa bayi ada yang sudah bisa berdiri dengan berpegangan pada sesuatu. Sudah bisa memegang makanannya sendiri, jangan heran bila bayi sering ingin mengambil sendok saat Anda menyuapinya.
  • 10-12 bulan
    Anda mungkin dalam tahap lelah mengejar bayi Anda ke sana kemari karena ia sedang senang berjalan atau berlarian. Bayi Anda juga akan menjadi jauh lebih cerewet karena sudah belajar berbicara. Waspadai tingkah laku Anda karena diusia seperti saat ini ia memiliki daya ingat yang luar biasa dan ingatan tersebut akan dibawa sampai ia dewasa.
Tags: , ,

One Response

  1. Indra Wiguna says:

    Saya suka dengan artikelnya.

    Semoga inibayiku.com makin sukses dan maju ya.

Leave a Reply