Tips Merawat Rambut si Kecil

Posted on: June 24th, 2012 by admin No Comments

Tips Merawat Rambut si KecilSetiap orang tua menginginkan si kecil tampil bersih dan sehat, termasuk memiliki rambut yang sehat. Tentu si kecil belum bisa membersihkan dan merawat rambutnya sendiri tanpa bantuan Anda. Rambut bayi yang indah akan membuatnya terlihat lebih lucu dan menggemaskan.Kondisi kulit kepala Anda dan bayi tentu tidak sama, bayi lebih membutuhkan penanganan yang lebih intensif. Ada beragam jenis rambut bayi, ada yang tipis, botak, tebal, bahkan berkerak pada kulit kepalanya.

Bayi usia 6 bulan pertama memang membutuhkan perhatian ekstra untuk kesehatan rambutnya. Tebal dan tipisnya rambut tergantung pada komponen pembentuknya saat bayi masih berada dalam kandungan ibu. Jaringan kulit kepala juga membutuhkan nutrisi untuk menjaga kesehatan dan keindahannya, kekurangan nutrisi bisa menyebabkan rambut bayi menjadi rusak, tipis, berkerak, rontok, bahkan berketombe seperti orang dewasa.

Saat hamil, ibu sebaiknya banyak mengkonsumsi sayur dan buah-buahan sebagai sumber vitamin B kompleks, C, dan E, juga menambah beberapa suplemen tambahan yang dianjurkan oleh dokter. Jika ibu sudah terlanjur kurang mengkonsumsi makanan tambahan, perawatan untuk rambut bisa dilakukan setelah bayi lahir.

  • Gunakanlah minyak kemiri, getah lidah buaya, putih telur, santan kelapa yang dioleskan pada rambut bayi. Ramuan tradisional ini sudah terbukti untuk membantu rambut tumbuh subur, kuat, dan berkilau.
  • Bersihkan rambut dengan teratur. Usahakan membersihkan rambut minimal 2 kali dalam satu minggu, jangan terlalu lama membersihkan rambut bayi karena khawatir bayi masuk angin. Kebersihan rambut akan memperlancar sirkulasi darah di kulit kepala dan membantu metabolisme pertumbuhan rambut.
  • Gunakan sampo yang tepat. Gunakanlah sampo khusus bayi, bayi memiliki kulit kepala yang sensitif maka jangan gunakan sampo dewasa untuk bayi. Penggunaan sampo yang tepat akan mencegah kerusakan pada rambut bayi. Penting bagi Anda untuk mengenali jenis rambut bayi sehingga bisa memilih sampo yang tepat untuknya.
  • Gunakan sisr bergigi jarang atau renggang atau gunakan sikat rambut yang tidak tajam. SisirĀ  rambut anak dengan lembut untuk menghindari rambut menjadi kusut dan rontok. Sisir yang tidak tepat juga bbisa menyebabkan rambut rusak dan rontok. Jangan menggunakan sisir berbahan dasar nilon karena beresiko menyebabkan rambut patah, begitu juga dengan sisir berbahan metal. Bersihkan selalu sisa rambut pada sisir, cuuci dengan air hangat hingga bersih.
  • Mengunting rambut secara teratur. Beberapa bayi selalu digunduli dalam jangka waktu tertentu. Hal ini memudahkan Anda untuk menjaga kebersihan kulit kepalanya. Rambut yang baru tumbuh setelah digundul akan lebih lebat dan hitam.
  • Cukup nutrisi. Vitamin B kompleks memiliki peran menghindari tumbuhnya rambut kusam juga ketombe. Vitamin C dan E menjaga kekuatan akar rambut, akar rambut memiliki peran penting dalam kesehatan rambut secara keseluruhan. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan rambut rontok. Zat belerang berperan membuat rambut menjadi berkilau. Bayi dapat memperoleh semua gizi tersebut dari ASI, karena hanya ASI yang memiliki kandungan gizi terlengkap.

Leave a Reply